Rabu, 11 Januari 2012

- Mengganti Knalpot Yamaha Byson


Dari banyak bincang-bincang dengan kawan di berbagai moment, Atau melihat obrolan di dunia maya, banyak yang merasa ''kurang '' dengan tarikan Byson. Katanya '' kurang nendang '' atau ''kurang nyeruduk.( ?? ) .'' Dan tuduhannya langsung ke knalpot Byson yang kelihatan mutar-mutar itu ( ?? ). Eksekusinya ganti deh katanya...pasti langsung ngaciir..Tapi permasalahannya nggak sesederhana itu.


Cukup banyak juga yang berkilah  suara Byson kurang macho...terserah...

Oleh Yamaha knalpot Byson didisain menggunakan kalisator yang ramah lingkungan. Yang terdiri dari dua bagian, yaitu primary chamber dan muffler, yang selain me-reduce suara bising, juga mengatur gas buang. Sebenarnya oleh Yamaha sudah di perhitungkan tarikan dan performa si kebo, namun banyak yang belum puas...okelah...

Saya  termasuk yang kurang puas itu..hehe.. Untuk kepentingan touring jarak jauh saya mengganti knalpot standard Byson dengan knalpot racing custom. Hasilnya ? akan saya ceritakan satu persatu...

1. Setelah mengganti  ternyata '' tarikan '' Byson kurang lebih sama saja. Hanya saja provokasi suaranya yang membuat saya tersugesti dan merasa ngebut banget. Tapi  spedometer  menjelaskan dengan jujur.


2. Untuk tarikan spontannya memang lebih baik, namun saya kehilangan tenaga pada tarikan panjangnya.

3. Tentunya konsekuensi lainnya yaitu suara yang mengganggu dan percuma.

4. Terdengar suara  nembak dan batuk pada knalpot.

Namun ketidak puasan itu membawa solusi, setelah bertanya kesana kemari, dan sedikit belajar, ternyata penggantian itu harus di ikuti dengan beberapa settingan. Untuk itu saya melakukan :

1. Meng-custom ulang knalpot. Knalpot nggak asal lubang dan suara nge-bass. harus cocok dengan standar spec mesin Byson. Juga memberi layer dengan disain khusus pada dalam  muffler  yang membuatnya memiliki tekanan pada saat di gas, dan memberikan tenaga yang lepas pada saat tarikan panjang.


2. Setting Karburator. Pilot jet  harus diubah settingnya dengan menaikkan 1 step untuk mencukupi suplai bahan bakarnya. Selain itu, bukaan angin juga harus diubah besarannya sekitar 0.5 – 1 putaran dari kondisi standar.

3. Saya belum mengganti CDI dengan CDI racing namun ini dapat dilakukan untuk menaikan limiternya. tarikan akan lebih mantap.

4. Sy juga tidak mengganti gear seperti yang banyak di sarankan karena sejauh ini sudah sangat bertenaga seperti yang saya perlukan. Tapi jika itu di Lakukan akan sangat membantu tarikan menjadi lebih baik.
Supaya tarikan awalnya jadi lebih enteng, ganti sprocket gear belakang dengan jumlah mata gir yang lebih banyak. Saat ini Byson menggunakan sprocket gear belakang dengan 40 mata gir, ganti dengan yang 41 mata gir.
Just  info :

Knalpot racing custom merk Connection           Rp   1.500.000
CDI racing I-Max                                             Rp      450.000
Gear Sinnob Byson Premium                            Rp       575.000

Semoga tips-tips ini dapat menjadi pertimbangan para bikers yang menungang Yamaha Byson

2 komentar:

  1. klo knalpotnya pke R9 bgus ga gan ,mohon infonya..

    BalasHapus
  2. mau tanya nih mas,lampu modifikasi yg diatas lampu sein kalau mau bikin kaya gitu pake apa ya atau dijual sepaket dengan tiang yg bs di baut di cover lampu ya?
    tolong info dong mas.....salam brotherhood...

    BalasHapus